Forum Ilmu Komputer

Tempat ngumpulnya Ilmu Komputer
 
IndeksCalendarFAQGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Menghubungkan 2 (Dua) Komputer Dengan Kabel LAN (UTP)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
feryfernando
Admin
avatar

Jumlah posting : 65
Points : 198
Join date : 24.05.11
Age : 26
Lokasi : Medan,indonesia

PostSubyek: Menghubungkan 2 (Dua) Komputer Dengan Kabel LAN (UTP)    Thu May 26, 2011 9:43 pm

Kalau di rumah anda terdapat dua PC (komputer), atau sebuah laptop dan sebuah PC, maka anda bisa menghubungkan dua perangkat tersebut untuk sharing (berbagi); bisa sharing file, printer, atau modem. Yang anda perlukan adalah sebuah kabel LAN (UTP: Unshielded Twisted Pair). Anda bisa beli kabel yang sudah jadi di toko komputer, minggu lalu saya sempat tanya harga kabel UTP merk AMP dengan panjang 1,5 meter sekitar 40 ribu rupiah. Kalau ingin ngirit ya bikin sendiri.. gampang kok.

Membuat kabel UTP

Anda tinggal beli kabel UTP (category 5 atau 5e) dan sepasang connector RJ 45 (Registered Jack 45). Selain itu diperlukan tang UTP atau ada yang menyebut tang crimping. Kabel UTP bisa memakai merk AMP atau Belden, tapi hati-hati karena di pasaran juga beredar produk palsu. Harga per meter sekitar 3000 rupiah. Sedangkan harga RJ-45 per bijinya sekitar 1500 rupiah. Sedangkan tang crimping harganya sekitar 50 ribu rupiah (kalau dirasa kemahalan bisa pinjam dari teman Smile ).

Sekarang mari kita bahas susunan kabel yang digunakan. Untuk menghubungkan 2 komputer atau laptop diperlukan susunan kabel Cross-Over (atau Cross) sebagai berikut:

Ujung I :
P/O – O – P/H – B – P/B – H – P/C – C.

Ujung II :
P/H – H – P/O – B – P/B – O – P/C – C.

Keterangan: P/O = Putih Orange. O = Orange. P/H = Putih Hijau. B = Biru. P/B = Putih Biru. H = Hijau. P/C = Putih Coklat. C = Coklat.

Bisa anda lihat, sebenarnya yang dipakai hanyalah 4 jalur saja yakni jalur 1,2,3,6. Jalur 1,2 dipakai untuk transmit/kirim; sedangkan jalur 3,6 dipakai untuk receive/terima.

Setelah anda mengatur urutan kabel sesuai dengan susunan tersebut, selanjutnya rapikan ujungnya (bisa dengan gunting atau tang crimping) dan masukkan ke dalam connector RJ 45. Perhatikan saat memasukkan kabel, posisi kaitan (hook) pada connector RJ 45 harus berada di bawah. Usahakan ada sedikit bagian dari kulit kabel UTP yang ikut masuk ke connector RJ 45 (supaya lebih kuat, tidak mudah goyang). Setelah itu jepitlah ujung connector menggunakan tang crimping (proses terminasi).

Setelah kedua ujung kabel di-terminasi, selanjutnya tancapkan masing-masing ujung ke port LAN card yang ada di PC atau notebook. Langkah berikutnya adalah melakukan setting IP Address.

Setting Alamat IP (IP Address)

Buka menu Control Panel Windows anda (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties.
IP Address

Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN). Jadi, anda bisa saja memberikan alamat 192.168.2.1 dan 192.168.2.10 pada dua komputer yang anda hubungkan. Asalkan masih dalam satu segmen, maka masih bisa saling mengenal. Untuk mengetahui apakah komputer berada dalam satu segmen – bisa dilihat dari 3 angka awal diantara titik (192.168.2). Sehingga anda tidak boleh memberikan alamat yang berbeda segmen, misal 192.168.1.1 dengan 192.168.2.2. Pada jaringan yang besar, dimana terdapat beberapa segmen jaringan, dibutuhkan sebuah router untuk menjembatani antar segmen sehingga bisa saling berhubungan.

Berbagi file (File sharing)

Misalkan komputer dengan nama (hostname) SBY dan IP Address 192.168.1.1 memiliki sebuah folder bernama DATA yang berisi kumpulan MP3 dan dokumen Word dan Excel, hendak dibagi pakai dengan komputer BOEDIONO (IP Address 192.168.1.2), maka langkah-langkahnya adalah:
1. Di komputer SBY, masuk ke My Computer atau Windows Explorer
2. Cari folder bernama DATA, lalu klik kanan di folder tersebut
3. Pilih Sharing and Security
4. Jika muncul kotak dialog Network sharing and security, maka klik tulisan “If you understand the security risks… bla.. bla.. bla..” lalu pilih “Just enable file sharing”
5. Klik “Share this folder on the network”
6. Beri nama (share name), misal: DATA
7. Klik tombol OK. Selesai.

Selanjutnya, dari komputer BOEDIONO jika ingin mengakses isi folder DATA yang ada di komputer SBY: Buka Windows Explorer, lalu di Address Bar ketikkan \\SBY maka akan tampil folder DATA. Jika tidak berhasil, maka ketikkan IP Address komputer SBY (\\192.168.1.1).

Berbagi printer (Printer sharing)

Demikian juga untuk printer sharing, langkahnya:
1. Di komputer SBY, masuk ke Control Panel > Printers and Faxes
2. Pilih printer yang hendak dishare. Klik kanan dan pilih Sharing…
3. Lalu pilih Share this printer, dan berikan share name

Kemudian dari komputer BOEDIONO: Buka Windows Explorer, lalu di Address Bar ketikkan \\SBY. Jika tidak berhasil, maka ketikkan IP Address komputer SBY (\\192.168.1.1). Maka akan tampil nama printer yang sudah dishare tadi. Klik-kanan di printer tersebut lalu pilih Connect. Jika muncul pertanyaan, tekan tombol Yes. bounce bounce bounce bounce

…sambungan dari Part 1

3. PC Cadangan
Memiliki dua atau lebih PC sudah menjadi hal yang umum saat ini. Kita dapat memaksimalkan fungsi dari PC yang ada untuk membuat sebuah “jaringan backup”. Yang diperlukan adalah SyncToy 2.0, salah satu utility gratis Microsoft. Anda dapat membuat “folder pasangan” antar PC, menyalin file antar folder dengan sekali klik.
Jika PC anda tidak berada dalam satu jaringan – satu di rumah dan lainnya di kantor – coba gunakan Microsoft Windows Live FolderShare, yang bisa mensinkronisasi file melalui internet (secara otomatis. SyncToy memerlukan anda untuk melakukannya secara manual). Kelebihan dari FolderShare adalah anda dapat meluaskan jaringan backup dengan mengikutsertakan teman-teman, sinkronisasi file-file penting ke PC mereka (dan sebaliknya). Seperti halnya SyncToy, FolderShare tidak memungut biaya untuk pemakaiannya.

4. Backup Dokumen
Jika anda pengguna Google Docs, anda pasti mengetahui bahwa aplikasi office berbasis Web ini dapat mengimport dokumen dari Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Tapi bukankah akan lebih baik jika anda dapat melakukan sinkronisasi dokumen-dokumen tersebut dengan PC anda? Anda bisa melakukannya dengan GoodSync. GoodSync secara otomatis melakukan sinkronisasi dan backup file-file penting antar desktop, laptop, server, dan drive external di dalam network atau internet.
Sebagai pengguna komputer baik awam maupun profesional tentunya sangat menyadari betapa berharganya data yang ada di komputer anda. Data foto, MP3, email, dokumen, atau data keuangan yang tersimpan di komputer sudah selayaknya mendapatkan perhatian ekstra karena semua itu mungkin anda dapatkan dengan susah payah.

Data bisa diibaratkan dengan uang. Seorang penasihat keuangan selalu merekomendasikan agar anda melakukan diversifikasi portofolio anda (memecahnya ke dalam unit-unit yang berbeda) sehingga jika terjadi kerugian di satu unit, anda tidak akan bangkrut! Konsep yang sama berlaku juga terhadap backup. Dengan memisah data ke tempat terpisah (dan dengan beberapa metode) akan memastikan data anda selamat meski terjadi kerusakan di satu lokasi.

Berikut ini beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk melakukan backup data.

1. Full-System Backup
Sediakan satu harddisk berkapasitas besar untuk membackup seluruh system. Install program untuk melakukan cloning drive misal Casper 5.0 yang bisa melakukan backup terjadwal, dengan atau tanpa kompresi data. Full-system backup ke dalam sebuah harddisk adalah solusi yang paling baik mencegah kehilangan data. Jika terjadi suatu bencana, cukup dengan mengganti harddisk utama dengan harddisk backup.
Alternatif software backup lain :
CA Backup and Migration 2009

2. Backup Data Secara Online
Full-system backup memang metode yang paling aman. Meski demikian jangan lupakan untuk membackup hanya data penting seperti dokumen, bookmark, data keuangan, e-mail, daftar alamat, dan sebagainya. Sebab apa? Terkadang anda memerlukan untuk mengambil kembali hanya sebagian data penting. Selain itu, membackup sebagian data memerlukan waktu yang jauh lebih singkat dibanding backup seluruh system. Untuk metode ini, anda bisa gunakan backup online seperti iDrive atau MozyHome. Kedua layanan tersebut menawarkan storage gratis sebesar 2 GB dan terdapat pilihan upgrade ke storage tak terbatas (unlimited) dengan biaya $5 per bulan.
Mozy mengandalkan client software untuk membantu anda memilih type file umum yang akan dibackup atau data file penting dari program semacam Outlook atau Quicken.
Sedangkan iDrive memakai interface seperti Explorer. Keunggulan kedua layanan tersebut adalah mereka berjalan secara otomatis di belakang layar, mengupload file baru dan file yang berubah selama anda bekerja (atau pada waktu yang telah ditentukan).
Selain itu ada pula layanan serupa dari ADrive dengan kapasitas 50 GB gratis, tetapi tidak ada opsi untuk sinkronisasi file. Jadi tergantung anda untuk memilih file yang hendak diupload. Layanan ini cocok untuk menyimpan file yang tidak sering diubah, seperti MP3 atau foto.
…sambungan dari Part 2

5. Backup Bookmark
Bookmark

Anda pemakai Firefox tentu mengenali icon tersebut (terdapat di Address Bar) yang menandakan icon bookmark dan RSS (Really Simple Syndication). Dengan meng-klik salah satu icon tersebut, maka kita bisa memasukkan sebuah website ke daftar web favorit. Anda bisa mencobanya sekarang dengan cara klik salah satu icon tersebut; coba klik icon RSS Feed – lalu klik Subscribe Now – lalu klik Add – maka anda akan menjumpai web Info Gaptek di daftar menu Bookmarks anda. Untuk membackup daftar bookmarks, pengguna Firefox dapat menginstall Foxmarks plug-in, sedangkan pengguna Internet Explorer memakai BookmarkSync.

6. Backup E-mail
Dua utility yang bisa anda coba untuk membackup email adalah Amic Email Backup – yang akan mengcopy semuanya termasuk address book, setting account, dan message rule – ke dalam sebuah file terkompresi; atau Mailstore Home – yang menyalin seluruh email ke dalam arsip yang bisa ditelusuri dan pilihan untuk membackup ke CD atau DVD.
Amic mendukung 9 email client, termasuk Outlook, Outlook Express, dan Eudora. Mailstore Home bekerja dengan Windows Mail, Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dan Seamonkey.
Namun jika anda meletakkan CD backup di tempat yang kurang aman, maka resiko kerusakan atau kehilangan tetap ada. Untuk itu, anda bisa mempertimbangkan untuk memakai metode IMAP menggunakan GMail, sebagai metode pengarsipan berbasis web. Hal ini akan dibahas di artikel lain.

7. Backup gadget
Terakhir, kita sampai di metode backup yang sebenarnya anda sudah punya – namun tidak mengetahuinya. Sebagai contoh, jika anda membawa smart phone atau PDA yang sinkron dengan PC, itu sama halnya memiliki sarana backup portabel yang berisi contact, kalender, memo, dan task. Jika terjadi kerusakan di desktop PC anda, tinggal sinkronkan dengan gadget anda untuk mengembalikan semuanya ke Outlook, Palm Desktop, atau contact manager apapun yang anda gunakan. (Pastikan melakukan setting untuk memindah data dari gadget ke PC, bukan sebaliknya).
Bookmark and Share

Artikel yang berhubungan:

1. Mencegah Kehilangan Data (Part 1)
Sebagai pengguna komputer baik awam maupun profesional tentunya sangat menyadari betapa berharganya data yang ada di komputer anda. Data foto, MP3, email, dokumen, atau data...
2. Mencegah Kehilangan Data (Part 2)
…sambungan dari Part 1 3. PC Cadangan Memiliki dua atau lebih PC sudah menjadi hal yang umum saat ini. Kita dapat memaksimalkan fungsi dari PC...
3. Membackup Contact Outlook Express
Untuk membackup data Contacts atau Address Book di Outlook Express dapat dilakukan dengan cara berikut : Pilih menu File > Export > Address Book Pilih...
4. Cara Cepat Backup Email Outlook Express
Berikut ini tips kilat untuk membackup email anda di Outlook Express : [Cek folder penyimpan data email] > Buka menu Tools – Options > Klik...
5. Membuat Script DOS Untuk Backup Data
Backup data adalah aktivitas yang sangat penting, baik itu backup untuk data pribadi atau data perusahaan. Dengan menyediakan backup yang baik, resiko kehilangan data akibat...
Kembali Ke Atas Go down
http://ilmukomputer.indonesianforum.net
 
Menghubungkan 2 (Dua) Komputer Dengan Kabel LAN (UTP)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» kabel kopling putus
» [ASK] Harga kabel spidometer ninja 250??
» bercanda dengan LOGIKA
» master rem Brembo R1 atau Brembo RCS15
» ASK.. URGENT ganti stang bikin kabel kopling ketarik

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Ilmu Komputer :: Categories :: Komputer-
Navigasi: